Saturday, October 9, 2010

The Joneses, satire and new style-marketing

Betapa apapun yang kita makan, pakai, kendarai, jalani, sudah amat penuh dengan komersialisasi, branded, dan gaya hidup.

Tidak jarang, untuk urusan materialistik seperti ini, perilaku dan gaya hidup seseorang jadi trend-setter alias kiblat dari 'pakaian' kita.

Film ini jadi satire, jadi sindiran.
Marketing gaya baru. Suatu keluarga jadi-jadian yang sebenarnya terdiri dari para marketer andal, memasarkan apa yang menempel di badannya, apa yang menjadi seleranya sesuai dengan umur mereka masing-masing...keluarga superb yang miris-nya hidup dengan kepura-puraan.
Keluarga jejaden ini dibayar oleh suatu perusahaan - mungkin semacam agen periklanan - memasarkan apa saja yang mungkin dipasarkan, dari mulai mobil, pakaian, kaca mata, gadget, sepatu, baju dan tas branded, produk kecantikan, asesori, frozen food.... Name it ! Apapun !
Semua yang mungkin jadi industri !
Bak model iklan, ini seperti film 5D (kalau ada hehe) everything is lively shown ...

Para tetangga sekitar tentunya tertarik dan kemudian turut membeli produk yang mereka gunakan.....

Seperti biasa ... Film yang berakhir antara sad dan happy ending ini menawarkan solusi yang memuaskan buat para audience-nya... Dan memang hidup dengan penuh kepura-puraan sangat melelahkan ...

Good to watch, perenungan akan seberapa jauh tingkat konsumerisme kita...