Thursday, June 26, 2008

BBM terhadap perdagangan saham

ini cukilan materi seminar yang guwe anggap menarik itu...

Menarik juga mendengarkan analisis dari Chatib Bisri mengenai souvereign bond. Optimisme pembeli yang lebih besar dari bond issuance sebelumnya...book building yang over and guess what? Terbesar di Asia!

Sekitar 60 pct adalah investor dari US. Padahal dia khan yang kena sub prime crisis. Dan grow di Indonesia ternyata nggak semata dari sektor konsumsi tapi dari investment.

So Investment remains strong.

Bad things nya adalah....world economic crisis, harga BBM naik, other macro things.... Well guys memang BBM harus naek karena kalo nggak larinya ke negara tetangga dan bukan ke orang yg bener-bener butuh the Indonesia people.

Bahkan seharusnya dilakukan dulu2. Disosialisasikan ke DPR/MPR yang sering sok tau demi politik. Ke mahasiswa yang hobi ngedepanin udel duluan lalu ke masyarakat umum (ini my HO ya).

Menarik juga disebutkan bahwa Ternyata growth Jawa beda dengan growth di luar pulau Jawa. So potential nasabah bank atau bisnis penerbangan seharusnya indicated ke luar Jawa.

Oya disebutkan juga kenapa dipilih peningkatan 30 pct dengan studi kenaikan minyak di 2005 yang mengalami 2 kali peningkatan yaitu 30 pct dan 115 pct.

Factnya dengan kenaikan 30 pct. Inflasi di bidang transportasi adalah 10 pct so Organda menaikkan tarif sampai 30 pct is something yang gak wajar...

Menariknya indicator yang ditawarkan antara do nothing dengan kenaikan 30 pct nggak menyebabkan dampak yang tajam. Mungkin paling gampang bisa dilihat kinerja di Juni nanti.

No comments: