Wednesday, December 24, 2008

Aneh tapi Nyata: Gas Langka

Ya emang Aneh...katanya kita ini negara penghasil gas. tapi kok bisa keabisan gas jadi langka gini???

biasanya selama ini walaupun di berita TV dibilangin gas atau bahkan aqua galon langka, biasanya tempat kita agak jarang terkena dampaknya.. nah kali ini, bener-bener kena, my hubby udah keliling cari gas.. gak dapet, kosong dimana-mana ... udah puter-puter Buncit nyaris 1/2 jam lamanya ... walah.. terpaksa beli tabung gas yang hijau itu dech... bener-bener dech... bener-bener aneh tapi nyata...


update 26 Desember 2008, Harian Kontan:
Djoko Siswanto, Kepala Pokja Gas BPH Migas mengemukakan 3 hal yang menyebabkan kelangkaan gas:
1. tabung gas banyak yang mengendap di pangkalan. ternyata syarat untuk manjadi pangkalan gas adalah memiliki stock elpiji 120 tabung. 100 biasanya distor ke Pertamina dan 20 beredar di masyarakat. kenyataannya konsumsi di masyarakat mengalami laju yang luar biasa dan tidak dapat diantisipasi oleh pangkalan gas ini. seharusnya gas sudah dapat disirkulasikan kepada masyarakat, yang ada hanya berputar-putar di pangkalan gas saja.
2. masuknya tabung gas impor, sehingga tabung tersebut harus diisi terlebih dahulu. padahal pengisiab tabung demikian makan waktu lama.
3. manajemen Pertamina tetap berfungsi seperti dalam keadaan normal dan tidak memiliki antisipasi darurat semacam ini.

kalau begitu .... semestinya kita tunjuk/tender aja penyelia lain yang mampu menyediakan gas, karena yang sudah-sudah, ambil contoh untuk penjualan BBM, pertamina BARU memperbaiki service dan harga serta kwalitas penjualan bensin setelah punya pesaing macam Shell dan Petronas ....

bingung aja sich sama Govt, udah punya inisiatif program konversi gas tapi nggak siap dengan stock gas-nya... apa harus sms SBY nich biar bisa jalan?

No comments: