Monday, August 20, 2007

(180707 saturday: Toraja) where the spirit and lifes are living in the same roof

Sekitar 7 jam perjalanan sampelah kita di Toraja jam 5 pagi. Kita turun di jl.Rantepao (ibu kota kabupaten Toraja adalah Makale, kalau dari Makassar maka kita akan melalui kota Makale terlebih dahulu baru Rantepao, kalau tujuan kita mau jalan-jalan menyeluruh di Toraja, sebaiknya stay di sini)

Karena bis nggak bisa masuk ke hotel, kita turun dekat pasar kebetulan ada sitor (mungkin singkatan dari taxi motor, semacam beca dengan pintu transparan didepannya yang uniknya bukan didorong dengan sepeda tapi motor) langsung menuju Toraja Heritage Hotel (dulunya Novotel) pake manggil satpam lagi ... buat buka portal .... Ke front desk maksudnya mau titip barang aja di concierge, ech nggak taunya mereka dengan baik hati pinjemin 1 kamar standar sampe kamar yang kita mau-i dikosongi orang.

Selese mandi dan mengeluarkan seluruh bau yang ada di badan (terutama bau knalpot - thanks to bis STW tadi...), kita makan pagi yang biasaaa banget dengan harga 151rb berdua....aduh bok...asli biasa banget...tawar gitu rasanya... Jauh berbanding terbalik dengan service dari front desk-nya... kita nyesel juga kenapa ambil buffet kenapa nggak ala carte nasi goreng atau mie goreng gitu...

Jam 9 pagi kita udah dijemput Pak Paulus, supir kantor cabang Rantepao, thanks to ibu Rita for that .... hehehe azas pemanfaatan nich....

Beliau ini orang Flores yang punya isteri orang Toraja asli, so sedikit banyak dia tau tentang Toraja seperti kebiasaan adat untuk menaruh mayat tidak di tanah melainkan gua batu atau dalam batu alam yang dipahat, sampai bekal pesta penguburan cukup (jumlah tertentu untuk kaum tertentu) orang Toraja akan menyimpan sang mayat di dalam atap rumah sampai 2-3 tahun baru kemudian dipindahkan.... dari situ guwe ngelihat yang hidup dan mati are really living in the same roof for real ! tapi memang menurut majalah Tamasya, khusus untuk pemeluk Islam dan Nasrani, biasanya dikuburkan di tanah terlebih dahulu baru dipindahkan.

Oya, mayat itu nggak bau karena disuntik formalin....kalau dulu konon pake ramuan-ramuan.

Selama setengah hari lebih sedikit kita keliling-keliling object wisata sbb:

kete kesu

ini desa adat yang dilindungi oleh UN, didalamnya ada jejeran tongkonan atau rumah adat dan jejeran lumbung padi... di dekat situ ada beberapa kuburan bangsawan dan tau-tau yang sangat menyerupai orang ada juga namanya pe'tani... yaitu yang dikubur tidak lagi di gua, tapi satu bangunan yang diisi beberapa peti mayat bangsawan.




Londa
ini adalah gua yang didalamnya digeletakkan peti-peti mayat, untuk masuk, mesti sewa petromax, buat yang agak penakut kayak guwe boleh disewa sekalian yang megang petromax hehehe... guide maksudnya... waktu kita masuk ada mayat yang 'baru' diletakkan 2 bulan lalu. petinya masih fresh, udah gitu dipakein renda, mirip film-film horror.

(MP foto bersama dengan "barang baru")


Baby grave

yang ini adalah pohon tinggi (kambira kalo nggak salah) yang "dihuni" oleh mayat-mayat bayi yang belum bergigi...kebiasaan ini telah puluhan tahun ditinggalkan, sehingga keberadaan mayat-mayat bayi-nya pun sudah melebur dengan pohon itu sendiri.








Bantumongga
ini daratan tinggi yang dari sana kita bisa lihat kota Rantepao, worth to vissit, karena selain bisa lihat (lagi-lagi) kuburan dalam batu alam. tapi view-nya menarik. sayangnya ketika kita mau lihat situs purbakala kuno, tidak dimungkinkan karena jalanan-nya rusak.





sebelum ke Bantumongga, sempet makan dulu di tempat yang ada babi-nya (*sigh*), abis itu shalat minta ampun ...hehehe... di mesjid besar yang masih half build tapi kayaknya bakal megah tuh, interior-nya juga menarik. kita juga cari tiket Bis untuk balik ke Pare-pare (lho kok bukan Makassar? - see next journal), yang harganya disamain dengan ongkos ke Makassar (paling lama 2,5 jam perjalanan dari Pare-pare).

Remarks on Food:
Waktu dibilangin cari makanan halal di Toraja susah, terus terang guwe nggak begitu peduli, pasti ada lah guwe pikir ... well in fact cari makanan enak di Toraja, memang masih susah ternyata, terutama makanan yang halal... sorry but this is the truth... even makanan halal pun nggak enak rasanya.... dalam soal ini, Bali masih jauh di depan ... so, kalo goverment Toraja serius untuk menjadikan tempat Wisata ini dilirik selain Bali...then soal makan penting tuch diperhatikan...
ada satu juice yang patut dicoba, guwe bahkan lebih doyan juice ini daripada markisa, harganya juga lebih mahal ternyata... Juice terong Belanda... yummy bok ! exotic dech rasanya.

Remarks on Places:"Pesaing" kita as tourist disana adalah para bulewan...minat para lokalwan rupanya selalu terpentok dengan destinasi yang kuburan thok... so mereka pikir untuk apa jauh-jauh ke sana kalo cuma mau lihat kuburan toh ("baca dengan logat Makassar")... ada benernya sich, cuman mungkin perlu tuh kayaknya dijual juga pesona alamnya yang indah banget... memang pas guwe kesana musim panen sudah selesai jadi ladang sawah telah berwarna kuning, tapi kalo lagi menghijau pasti asyik banget tuch... dasarnya guwe nggak gitu suka sama pegunungan, mungkin karena dulu kelamaan tinggal di gunung ;-p yang jelas, Aa yang memang freak sama gunung pas lihat pict-pict di sana... malah kesenengan... kalo guwe khan seneng gunung kalo ada airnya alias danaunya.... atau lautnya... (Bukit tinggi tuch yang kayak gini)

Remarks on Oleh-oleh:Kalau mau beli oleh-oleh dari Toraja, beli aja di Rantepao, jangan coba-coba beli di Makassar (kecuali Kacang merk Ayam), nanti nyesel... soalnya beda harga-nya lumayan banget, terutama untuk kain tenun (yang bahan biasa ukuran seprai single dijual 60rb di Makassar 100-120 rb)
harga ukir-ukiran juga bisa beda sampai 20% harganya...

Oh ya... don't try to find me in one of the above pictures.... I don't have enough gut to be potographed among the ex-lifes...

No comments: